Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Majalah 1000guru Edisi Februari 2016 (+KUIS!)

Unduh: Edisi 59 (Februari 2016), Volume 4 No. 2 dalam penomoran versi ISSN

Alhamdulillah, majalah bulanan 1000guru dapat kembali hadir ke hadapan para pembaca. Pada edisi ke-59 ini tim redaksi memuat 8 artikel dari 8 bidang berbeda. Kami juga kembali memberikan kuis bagi pembaca yang tertarik mendapatkan hadiah dari 1000guru. Pada edisi kali ini juga dibuka sayembara “Ayo Menulis!”.

Sekilas materi yang disajikan pada edisi ini:

[Matematika] Bilangan Prima Terbesar
http://majalah1000guru.net/2016/02/bilangan-prima-terbesar/

[Fisika] Gelombang Gravitasi:Kepingan Terakhir Prediksi Teori Relativitas Umum
http://majalah1000guru.net/2016/02/gelombang-gravitasi/

[Kimia] Mengenal Api Lebih Jauh
http://majalah1000guru.net/2016/02/mengenal-api-lebih-jauh/

[Biologi] Memotong Gen Virus dengan CRISPR/Cas9
http://majalah1000guru.net/2016/02/memotong-gen-virus/

[Teknologi] Teknik Observasi Gerhana Matahari
http://majalah1000guru.net/2016/02/teknik-observasi-gerhana-matahari/

[Kesehatan] Pemanfaatan Virtual Reality di Bidang Medis
http://majalah1000guru.net/2016/02/virtual-reality-di-bidang-medis/

[SosBud] LGBT dan Kegagalan Suatu Bangsa
http://majalah1000guru.net/2016/02/lgbt/

[Pendidikan] Jangan Takut Mengubah Tata Letak Ruang Kelas
http://majalah1000guru.net/2016/02/mengubah-tata-letak-kelas/

Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca untuk terus meningkatkan kualitas majalah ini. Silakan akses juga website 1000guru untuk menyimak kegiatan kami lainnya.

Mudah-mudahan majalah sederhana ini bisa terus bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para siswa dan penggiat pendidikan, sebagai bacaan alternatif di tengah keringnya bacaan-bacaan bermutu yang ringan dan populer. Mohon bantuannya untuk menyebarkan pada rekan-rekan guru dan siswa-siswi sekolah, atau siapapun yang tertarik dengan materi majalah ini. Boleh dicetak, dikopi, simpan di perpus, atau sekadar share, “Hai kawan, ini ada bacaan menarik!”

Bagi siswa-siswi SMA/MA/sederajat yang tertarik berpartisipasi untuk menulis di majalah 1000guru, kami menyediakan hadiah menarik dalam program sayembara artikel “Ayo Menulis!

***

KUIS!

Halo Sobat 1000guru! Jumpa lagi dengan kuis Majalah 1000guru edisi ke-59. Pada kuis kali ini, kami kembali dengan hadiah berupa buku berjudul “H2O: A Biography of Water” karya Philip Ball untuk sobat 1000guru.

Hadiah kuis edisi 59

Hadiah kuis edisi 59

Ingin dapat hadiahnya? Gampang sekali, kok:

  1. Ikuti (follow) akun twitter @1000guru atau https://twitter.com/1000guru, dan like fanpage 1000guru.net pada facebook: https://www.facebook.com/1000guru
  2. Perhatikan soal berikut ini:
    Gambarlah struktur Linnett dari molekul-molekul berikut ini N2O5, PCl5, SO3, SCl6, TiO2, dan BCl3  jangan lupa tuliskan nama dari setiap molekul tersebut. Petunjuk: baca Rubrik Kimia edisi 58.
  3. Kirim jawaban kuis ini (file artikel), disertai nama, akun FB, dan akun twitter kalian ke alamat e-mail redaksi: majalah1000guru@gmail.com dengan subjek Kuis Edisi 59.
  4. Jangan lupa mention akun twitter @1000guru jika sudah mengirimkan jawaban.

Mudah sekali, kan? Yuk, segera kirimkan jawaban kalian. Kami tunggu hingga tanggal 20 Maret 2016!

Pembahasan Kuis Majalah 1000guru Edisi ke-58

Pertanyaan kuis bulan lalu adalah:

Seekor lebah yang bertugas mencari sumber makanan akan memberitahukan kepada teman-temannya letak sumber makanan tersebut melalui waggle dance. Tarian ini memberikan informasi tentang tiga hal, dua di antaranya adalah:

  • Arah sudut sumber makanan terhadap matahari. Sarang lebah berdiri vertikal. Ketika si lebah penunjuk bergerak lurus ke atas, tandanya sumber makanan terletak searah dengan matahari (gambar I). Jika lurus ke bawah (gambar II) artinya sumber makanan di arah yang sebaliknya dari matahari.
  • Jarak. Semakin banyak waggle yang dilakukan si lebah penunjuk, semakin jauhlah posisi sumber makanan itu.
Segitiga menunjukkan sumber makanan, persegi menunjukkan sarang lebah.

Segitiga menunjukkan sumber makanan, persegi menunjukkan sarang lebah.


Pertanyaan
: Jika lebah penunjuk menari dengan sudut 60° ke arah kiri atas dengan jumlah waggle yang banyak, di manakah posisi sumber makanan yang dimaksud lebah penunjuk? (Untuk memudahkan, asumsikan posisi matahari tidak berubah)

Jawab: Lebah penunjuk menari ke atas menunjukkan lokasi makanan searah dengan matahari. Di mana? Lebih detailnya, sumber makanan tersebut terdapat di sebelah kiri sarang dengan sudut 60° antara sumber makanan dan matahari. Jika kalian sulit membayangkannya, perhatikan gambar III dan gantilah β dengan sudut 60°.

Keterangan selanjutnya yang terdapat dalam soal adalah jumlah waggle yang banyak. Ini menunjukkan posisi sumber makanan jauh dari sarah. Ingat, semakin jauh sumber makanan, semakin banyak waggle yang dilakukan.

Pemenang Kuis Majalah 1000guru Edisi ke-58

Sayang sekali, belum ada jawaban benar yang masuk ke email redaksi. Bagi teman-teman yang masih ingin mengikuti kuis majalah 1000guru, jangan bersedih. Kalian bisa mengikuti kuis-kuis pada kesempatan selanjutnya.

Ayo Menulis!

Oya, mulai edisi ke-48 sayembara “Ayo Menulis!” dibuka untuk setiap edisi! Buruan kirimkan tulisanmu!