Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Perihal

Profil Singkat

kodebar-issnMajalah 1000guru adalah majalah bulanan yang ditujukan untuk siswa-siswi dan guru-guru setingkat sekolah menengah ataupun masyarakat umum dengan level pengetahuan sekolah menengah. Majalah 1000guru terbit sejak Januari 2011 (edisi perdana) dan memiliki nomor ISSN 2338-1191 yang terdaftar di Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI sejak awal Mei 2013 (untuk penerbitan edisi ke-26). Slogan majalah ini adalah:

“Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua…”

Gerakan 1000guru sendiri merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bersifat nonprofit, nonpartisan, independen, dan terbuka. Gerakan 1000guru muncul dari inisiatif beberapa pelajar dan peneliti Indonesia di luar negeri (terutama Jepang dan Eropa) pada kisaran akhir 2008, diawali dengan pembentukan milis 1000guru. Gerakan dari milis ini kemudian berlanjut pada pembuatan media penunjang sesuai program yang kami miliki, seperti situs 1000guru.net, youtube video pendidikan 1000guru, situs majalah 1000guru ini, dan akun media sosial facebook.com/1000guru + twitter.com/1000guru.

Semangat dari lembaga ini adalah “gerakan” atau “tindakan” bahwa semua orang, siapapun itu, bisa menjadi guru dengan berbagai bentuknya, serta berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Gerakan 1000guru juga berusaha menjembatani para profesional dari berbagai bidang, baik yang berada di Indonesia maupun yang di luar negeri, untuk membantu pendidikan di Indonesia secara langsung.

Lisensi Majalah 1000guru

Majalah 1000guru dihadirkan oleh gerakan 1000guru dalam rangka turut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa. Majalah ini diterbitkan dengan tujuan sebatas memberikan informasi umum. Seluruh isi majalah ini menjadi tanggung jawab masing-masing penulis dan kontributor artikel sehingga isinya tidak mencerminkan kebijakan atau pandangan tim redaksi Majalah 1000guru maupun gerakan 1000guru.

cc-by-sa

Majalah 1000guru menerapkan creative common license dengan spesifikasi Attribution-ShareAlike. Oleh karena itu, silakan memperbanyak, mengutip sebagian, ataupun menyebarkan seluruh isi majalah 1000guru ini dengan mencantumkan sumbernya tanpa perlu meminta izin terlebih dahulu kepada pihak editor. Akan tetapi, untuk memodifikasi sebagian atau keseluruhan isi majalah ini tanpa izin penulis serta editor adalah terlarang sehingga segala akibat yang ditimbulkan dari hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab penulis, editor, maupun organisasi 1000guru.

Disclaimer / Sangkalan

Gerakan 1000guru bukan merupakan organisasi atau komunitas yang terlibat secara erat ataupun memberi dukungan pada tokoh politik manapun. Kami juga tidak mengambil keuntungan dari kegiatan secara komersial (penjualan barang-barang tertentu) karena seluruh aktivitas kami selalu bersifat gratis dan dikelola oleh sukarelawan dari kalangan guru, pelajar, dosen, peneliti, serta para profesional. Gerakan ini dapat berjalan melalui kebaikan banyak relawan yang mencurahkan waktu, pikiran, tenaga, dan harta untuk berbagi ilmu/pengetahuan secara cuma-cuma.

Belakangan ini muncul komunitas serupa 1000guru di media sosial, tetapi dengan mengangkat isu-isu pendidikan di pedalaman dan turut secara implisit menyatakan dukungannya pada salah satu tokoh politik yang bergerak di bidang pendidikan. Komunitas tersebut pun berjualan kaos untuk membiayai kegiatannya dan mengumpulkan sejumlah uang untuk kegiatan jalan-jalan ke pedalaman. Melalui disclaimer ini, kami nyatakan bahwa gerakan tersebut bukanlah gerakan yang sama dengan gerakan 1000guru ini yang sudah terbentuk sejak tahun 2008. Akun resmi kami di media sosial hanyalah http://facebook.com/1000guru dan http://twitter/1000guru, tidak ada yang lain.

Tim Redaksi Majalah 1000guru

Pemimpin Redaksi: Muhammad Salman Al-Farisi (Tohoku University, Jepang)

Wakil Pemimpin Redaksi: Annisa Firdaus Winta Damarsya (Nagoya University, Jepang)

Editor Rubrik:

  1. Matematika: Eddwi Hesky Hasdeo (IHPC-A*STAR, Singapura)
  2. Fisika: Satria Zulkarnaen Bisri (RIKEN Center for Emergent Matter Science, Jepang)
  3. Kimia: Ahmad Faiz Ibadurrahman (Wakayama National College of Technology, Jepang)
  4. Biologi: Siti Nur Azizah Fauziyati Rahma (Universitat Politecnica de Valencia, Spanyol)
  5. Teknologi: Fran Kurnia (The University of New South Wales, Australia)
  6. Kesehatan: Ajeng Pramono (Tokyo Institute of Technology, Jepang)
  7. Sosial-Budaya: Akbar Prasetyo Utomo (Universitas Muhammadiyah Malang)
  8. Pendidikan: Pepi Nuroniah (Universitas Negeri Malang)

Penata Letak:

  1. Himmah Qudsiyyah (Institut Teknologi Bandung)
  2. Asma Azizah (Universitas Sebelas Maret, Solo)
  3. Esti Hardiyanti (Universitas Brawijaya, Malang)
  4. Arum Adiningtyas (Institut Teknologi Bandung)

Promosi dan Kerja Sama:

  1. Rohma Nazilah (SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta)
  2. Erlinda Cahya Kartika (Wageningen University, Belanda)
  3. Lia Puspitasari (Komisi Yudisial RI, Jakarta)
  4. Yudhiakto Pramudya (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)

Penanggung Jawab:

  • Ahmad Ridwan Tresna Nugraha (Tohoku University, Jepang)
  • Miftakhul Huda (Tokyo Institute of Technology, Jepang)

Eks-redaktur:

Andriati Ningrum (Universitas Gadjah Mada), Agung Premono (Universitas Negeri Jakarta), Agung Budiyono (Peneliti Independen, Juwana), Muhammad Ali Imron (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta), Ika Puspitasari (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta), Witri Wahyu Lestari (Leipzig University, Jerman), Indah Kartika Murni (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta), Sidrotun Naim (University of Arizona, USA), Isti Winayu (Waseda University, Jepang), Isnie Yusnitha (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung), Yogi Rahmayanti (Kementerian Keuangan RI), Ihsan Tria Pramanda (Santa Laurensia School, Serpong), Sugeng Wahyudi (Kyushu University, Jepang), Putri Heryani (Nissei Japanese School, Osaka, Jepang), Mas Rizky Anggun Syamsunarno (Gunma University, Jepang), Retno Ninggalih (Ibu Rumah Tangga di Sendai, Jepang), Rani Tiyas Budiyanti (Universitas Sebelas Maret, Solo), Wahyu Satpriyo Putro (Chiba University, Jepang), Sarrah Ayuandari (Innsbruck Medical University, Austria).

Kontak

Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca untuk terus meningkatkan kualitas majalah ini. Untuk menyampaikan pesan terkait Majalah 1000guru, silakan kirimkan melalui alamat berikut ini:

myemail2

sedangkan pesan untuk gerakan 1000guru secara umum, silakan kirimkan melalui:

myemail1

Mudah-mudahan majalah sederhana ini bisa terus bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para siswa dan penggiat pendidikan, sebagai bacaan alternatif di tengah keringnya bacaan-bacaan bermutu yang ringan dan populer.