Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Majalah 1000guru Edisi Agustus 2014 (+KUIS!)

Unduh: Edisi 41 (Agustus 2014), Volume 2 No. 8 dalam penomoran versi ISSN

Alhamdulillah, majalah bulanan 1000guru dapat kembali hadir ke hadapan para pembaca. Pada edisi ke-41 ini tim redaksi memuat 8 artikel dari 8 bidang berbeda. Kami kembali memberikan kuis bagi pembaca yang tertarik mendapatkan hadiah dari 1000guru.

Sekilas materi yang disajikan pada edisi ini:

[Matematika] Rasio yang Mematikan
http://majalah1000guru.net/2014/08/rasio-mematikan/

[Fisika] Lampu Bohlam Versus Lampu Neon
http://majalah1000guru.net/2014/08/lampu-bohlam-lampu-neon/

[Kimia] Mengapa Baterai Li-ion Bisa Meledak?
http://majalah1000guru.net/2014/08/baterai-li-ion-meledak/

[Biologi] Sinar Matahari dan Tulang Kita
http://majalah1000guru.net/2014/08/sinar-matahari-dan-tulang/

[Teknologi] Mesin Press Semiotomatis Pembuat Dasar Helm Ukir
http://majalah1000guru.net/2014/08/mesin-press-helm-ukir/

[Kesehatan] Mengenal Tekanan Darah
http://majalah1000guru.net/2014/08/mengenal-tekanan-darah/

[SosBud] Penyesuaian Remaja Hidup Bersama Penderita Gangguan Jiwa
http://majalah1000guru.net/2014/08/penyesuaian-gangguan-jiwa/

[Pendidikan] Guru Merdeka
http://majalah1000guru.net/2014/08/guru-merdeka/

Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca untuk terus meningkatkan kualitas majalah ini. Silakan akses juga website 1000guru untuk menyimak kegiatan kami lainnya.

Mudah-mudahan majalah sederhana ini bisa terus bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para siswa dan penggiat pendidikan, sebagai bacaan alternatif di tengah keringnya bacaan-bacaan bermutu yang ringan dan populer. Mohon bantuannya untuk menyebarkan pada rekan-rekan guru dan siswa-siswi sekolah, atau siapapun yang tertarik dengan materi majalah ini. Boleh dicetak, dikopi, simpan di perpus, atau sekadar share, “Hai kawan, ini ada bacaan menarik!”

***

KUIS!

Halo Sobat 1000guru! Pada Majalah 1000guru Edisi ke-41 ini kami kembali mengadakan kuis dengan dua hadiah berupa kenang-kenangan dari Jepang untuk dua pemenang. Ingin dapat hadiahnya? Gampang sekali, kok:

  1. Ikuti (follow) akun twitter @1000guru atau https://twitter.com/1000guru, dan like fanpage 1000guru.net pada facebook: https://www.facebook.com/1000guru
  2. Perhatikan soal berikut.
    Di dalam rubrik fisika majalah 1000guru edisi ke-41 ini dijelaskan tentang lampu bohlam dan lampu neon. Sekilas dalam artikel itu disebutkan juga mengenai lampu berbasis LED, meskipun tidak dijelaskan lebih lanjut dalam artikel. Nah, untuk soal kuis kali ini, jelaskan keuntungan lampu LED dibandingkan lampu bohlam dan lampu neon! Jangan lupa sertakan rujukannya, boleh dari internet maupun dari buku teks.
  3. Kirim jawaban, disertai nama, akun FB, dan akun twitter kalian ke alamat e-mail redaksi:
    majalah1000guru@gmail.com dengan subjek Kuis Edisi 41
  4. Jangan lupa mention akun twitter @1000guru jika sudah mengirimkan jawaban.

Mudah sekali kan? Yuk, segera kirimkan jawaban kalian. Kami tunggu hingga tanggal 21 September 2014!

Pemenang Kuis Majalah 1000guru Edisi ke-40

Oya, kita sudah mendapatkan satu pemenang untuk kuis majalah 1000guru edisi yang lalu. Dia adalah:

Afgan Sofyan

Selamat untuk pemenang! Kamu berhak mendapatkan kenang-kenangan dari redaksi 1000guru. Bagi yang belum beruntung, jangan bersedih. Kalian bisa mengikuti kuis-kuis pada kesempatan selanjutnya.

Pembahasan Kuis Majalah 1000guru Edisi ke-40

Dalam kuis edisi yang lalu, pertanyaannya adalah:

Beberapa waktu lalu di dunia maya pernah tersebar berita dalam bahasa Inggris maupun terjemahnya dalam bahasa Indonesia bahwa NASA (badan antariksa Amerika Serikat) telah mengonfirmasi akan terbitnya matahari dari arah barat. Benarkah berita tersebut?

Jawab: Berita tersebut adalah HOAX (kebohongan) yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Berita yang benar adalah terkait transit Venus (lihat situs web NASA di http://www.nasa.gov/vision/universe/watchtheskies/venus_transit.html) yang di antaranya mengandung kalimat sebagai berikut:

“… The Venus transit was visible over about 75 percent of the Earth, and ended at sunrise over central and eastern North America. The event was over by the time the Sun rises over the West Coast of North America (but viewers in Alaska could see the beginning of the transit and, for Northern Alaskans, the entire transit, because the Sun does not go below the horizon)…”

Perhatikan bagian yang diberi warna merah, tampaknya bagian itu dijadikan sumber HOAX yang disalahartikan sebagai “matahari terbit dari barat”, padahal maksudnya bukan begitu jika kita melihat paragraf secara keseluruhan.