Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Sinar Matahari dan Tulang Kita

Peradaban manusia semakin maju. Namun, di kota-kota besar manusia menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan, jarang terpapar sinar matahari. Bahkan, saat berada di luar ruangan, orang-orang enggan untuk terkena paparan sinar matahari sehingga mereka menggunakan beragam pakaian sebagai pelindung dari panasnya sengatan matahari.

Ed41-biologi-1

Di negara-negara dengan tingkat polusi udara yang tinggi, sinar matahari pun menjadi terhalang untuk sampai kepada tubuh kita. Tahukah kamu, sinar matahari pagi itu sangat penting untuk tubuh kita, terutama tulang?

Tulang kita memiliki komponen utama berupa kalsium. Kalsium ini berperan layaknya semen yang digunakan untuk mengecor rangka bangunan sebuah rumah. Penyerapan kalsium di dalam tubuh dibantu oleh adanya vitamin D. Vitamin D dihasilkan oleh tubuh kita bermula dari paparan sinar matahari yang mengenai kulit. Itulah mengapa sinar matahari sangat penting untuk tulang kita.

Ilustrasi perjalanan vitamin D di dalam tubuh kita.

Ilustrasi perjalanan vitamin D di dalam tubuh kita.

Ada dua sumber utama pembentukan vitamin D. Sumber pertama berasal dari sinar matahari, terutama UVA yang banyak terkandung pada sinar matahari pagi. UVA berfungsi mengubah senyawa di dalam kulit kita sehingga mengawali rentetan proses pembentukan vitamin D di dalam tubuh kita.

Sumber pembentukan kedua berasal dari makanan yang secara langsung mengandung vitamin D dan diserap oleh usus kita. Sebagai contoh adalah keju, margarin, susu, sereal, dan lemak ikan. Dari kedua sumber inilah tubuh kita mendapatkan asupan vitamin D sehingga bangunan tulang kita dapat menjadi kuat.

Sumber vitamin D.

Sumber vitamin D.

Apa akibatnya jika tubuh kita kekurangan vitamin D? Misalnya, jika paparan sinar matahari dan asupan makanan yang mengandung vitamin D kurang. Yang akan terjadi adalah proses penyerapan kalsium di dalam tubuh kita akan menurun dan ini membuat proses mineralisasi atau pengecoran pada bangunan tulang kita akan terganggu. Pada akhirnya bangunan tulang yang dihasilkan akan lemah layaknya rumah dengan rangka bangunan tanpa semen.

Sebagai tanda dari terganggunya proses mineralisasi tulang di antaranya adalah adanya pembengkokan tulang-tulang panjang pada tubuh kita, postur tubuh menjadi jelek, dan kedua tungkai membentuk seperti huruf X atau O. Inilah yang disebut dengan penyakit rickets akibat kekurangan vitamin D.

Penderita rickets.

Penderita rickets.

Supaya kita terhindar dari penyakit rickets kita harus hidup dengan cerdas dan sehat. Kita telah mengetahui tentang pentingnya sinar matahari pagi dan asupan makanan yang mengandung vitamin D untuk tubuh kita, terutama tulang kita. Oleh karena itu, jangan sampai kita malah terjauhkan dari kedua sumber utama vitamin D tersebut.

Anak-anak dan orang dewasa yang sudah terlanjur terkena penyakit rickets akibat kekurangan vitamin D masih mendapatkan harapan untuk dapat diobati dengan obat-obatan tertentu. Namun, jika kondisinya sudah parah biasanya diperlukan tindakan operasi untuk memperbaiki tulang-tulang tubuh yang bengkok.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu fungsi vitamin D pada tubuh kita, ya. Kini, teman-teman dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari bahkan membagikan info ini ke orang-orang di sekitar kalian.

Untuk tulang yang sehat, selamat menikmati sinar matahari hari ini!

Bahan bacaan:

  • Apley’s System of Orthopaedics and Fractures, 9th Edition. 2010. Solomon, Warwick, Nayagam, London: Hodder Arnold.

Penulis:
Marda Ade Saputra, dokter PNS RSUD Kota Yogyakarta. Kontak: marhoochi(at)gmail(dot)com.