Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Pompa Sentrifugal: Prinsip Kerja dan Manfaatnya

Tahukah kalian apa itu pompa sentrifugal? Bagaimana sistem kerja dari pompa tersebut, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari? Nah, pada rubrik teknologi kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai seluk-beluk pompa sentrifugal.

Pada dasarnya pompa digunakan untuk mempercepat laju aliran fluida yang umumnya adalah cair. Namun, pada pompa sentrifugal, proses percepatan laju aliran fluida dilakukan dengan memanfaatkan gaya sentrifugal yang berasal dari impeller yang diputar menggunakan motor atau dinamo. Impeller ada beberapa jenis, di antaranya terbuka, semiterbuka, dan tertutup. Ketika impeller berputar di dalam rumah atau selubung pompa (casing), secara fisis energi kinetik impeller akan mengakibatkan perubahan tekanan pada selubung pompa sehingga cairan akan masuk melalui pipa pengisap (suction pipe) dan dikeluarkan melalui pipa pelepasan (delivery pipe).

Skema pompa sentrifugal. Sumber: http://www.mech4study.com.

Sistem kerja pompa sentrifugal. Sumber: https://techblog.ctgclean.com.

Jenis impeller pada pompa sentrifugal: impeller terbuka (kiri),  impeller semiterbuka (tengah), dan impeller tertutup (kanan).

Secara teknologi, pompa sentrifugal merupakan teknologi yang telah terbukti ampuh dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sebagai pompa air. Selain itu, pompa sentrifugal juga digunakan di banyak industri seperti industri pembangkit listrik dan perminyakan. Di dunia industri, pompa sentrifugal digunakan untuk mengalirkan berbagai jenis cairan seperti minyak, logam cair, hingga garam cair bersuhu tinggi. Pompa sentrifugal untuk setiap industri memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pengembangan pompa sentrifugal masih tetap dilakukan para ahli mesin.

Nilai viskositas yang berbeda-beda pada setiap cairan, serta nilai viskositas yang berbeda untuk setiap perbedaan suhu cairan, memaksa para ahli mesin melakukan penelitian lebih detail, termasuk perubahan desain impeller. Ini bertujuan untuk menghasilkan pompa sentrifugal yang lebih efisien pada masing-masing kondisi fluida.

Bahan bacaan:

Penulis:

Firma Rean Kasih, Dosen Pendidikan Fisika, STKIP YDB Lubuk Alung, Padang Pariaman.