Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Mengenal ROV (Remotely Operated Vehicle)

Teman-teman tahukah apa itu ROV? ROV merupakan singkatan dari Remotely Operated Vehicle, sebuah robot bawah laut yang dikendalikan dari jarak jauh dengan operator ROV yang berada pada kondisi wilayah yang aman. ROV dapat bekerja pada lingkungan bahwa laut yang tidak mungkin dijangkau oleh manusia. Umumnya, ROV saat ini digunakan untuk melakukan pekerjaan seperti penjelajahan, inspeksi, dan eksploitasi bawah laut secara real time, yang sebelumnya harus dilakukan oleh manusia.

Salah satu jenis ROV yang digunakan untuk melakukan inspeksi pada platform ekspolrasi minyak dan gas.
Sumber: https://subseaworldnews.com

Secara umum ROV dapat disebut sebagai kapal selam mini yang terhubung dengan kapal induk menggunakan kabel umbilical yang berfungsi sebagai pembawa sinyal arus listrik dan data antara operator. Kabel umbilical dilapisi oleh cincin luar, sehingga memiliki daya tahan yang tinggi terhadap kondisi lingkungan dalam laut yang ekstrem. Kabel ini tersusun atas serat optik yang membawa sinyal, serta kabel tembaga pembawa arus listrik.

Skema kerja ROV. Sumber: http://oceanexplorer.noaa.gov

Pada awal tahun 1960-an, Angkatan Laut Amerika Serikat melakukan penelitian dan pengembangan teknologi ROV yang diberi nama CURV (Cable-Controlled Underwater Recovery Vehicle) yang ditujukan untuk melakukan operasi penyelamatan dan pengambilan benda di dasar laut. Seiring berkembangnya teknologi ROV, kini ROV banyak digunakan untuk melakukan penelitian bahwa laut terkait eksplorasi mineral (minyak dan gas), biologi kelautan, dan lain sebagainya.

ROV digerakkan menggunakan motor DC sebagai penggerak utama, serta motor servo untuk melakukan gerakan manuver. Seperti robot pada umumnya, ROV dilengkapi oleh berbagai macam sensor yang digunakan untuk menghitung kedalaman, jarak tempuh, dan lain sebagainya. Selain itu, beberapa perangkat yang tidak kalah penting adalah transponder yang berfungsi sebagai penguat, penerima, dan pengirim sinyal berupa frekuensi serta video kamera yang berfungsi untuk memvisualisasikan kondisi lingkungan tempat ROV itu berada.

Seperti robot pada umumnya, ROV memiliki prosesor mikro yang digunakan untuk mengontrol seluruh perangkat elektronik. Prosesor mikro juga berfungsi sebagai antarmuka antara operator dan ROV itu sendiri. Nantinya data yang diterima oleh operator akan ditampilkan pada GUI (Graphic User Interface).

Bahan bacaan:

Penulis:

Rizqi Aji Wardhana, Mahasiwa D-4 Jurusan Teknik Mekatronika, Politeknik Elektronik Negeri Surabaya. Kontak: rizqiaji25(at)gmail(dot)com.