Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Segitiga Illuminati

Teman-teman, sudah pernah mendengar kata “illuminati”? Penikmat novel yang sudah membaca buku karangan Dan Brown yang berjudul “Angels and Demons” pasti pernah mendengar istilah tersebut. Secara singkat, illuminati ini adalah nama suatu kelompok rahasia yang terbentuk pada tahun 1800-an. Gambar di bawah adalah indentitas atau logo dari kelompok ini.

Illuminati sering disebut-sebut (meskipun tidak perlu dipercayai sepenuhnya) memiliki peranan penting dan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini tidak lepas dari peranan kelompok rahasia tersebut. Banyak orang yang bertanya-tanya tentang keberadaan kelompok ini dan mencari-cari lambang ini di berbagai tempat. Misalnya, salah satu yang mengejutkan adalah keberadaan lambang ini di cetakan uang satu dolar Amerika.

Di sini kita tidak akan membicarakan teori konspirasi illuminati, tetapi logonya saja yang cukup menarik untuk ditelaah dari sudut pandang matematika. Kita dapat mendeskripsikan bahwa bentuk dasar dari lambang ini adalah segitiga sama sisi. Uniknya, lambang illuminati ini bisa dibuat dari segitiga sembarang. Wow! Mari kita coba! Misalkan kita mempunyai sebuah segitiga sembarang seperti gambar di bawah. Lalu di setiap sudut dari segitiga itu kita bagi tiga, kita tarik garisnya dan bertemu di tengah. Kita selalu mendapatkan segitiga sama sisi yang menjadi lambang illuminati.

Kita bagi 3 setiap sudut dari segitiga.

Setiap pembagian sudut yang didapat, kita tarik garis sampai bertemu dengan garis sudut lainnya.

Ketika kita menarik garis dari setiap pertemuan titik, kita dapatkan segitiga sama sisi yang merupakan bentuk dasar lambang illuminati.

Jika kita memutar ataupun mengubah sudut dari segitiga ini, bentuk dasar segitiga sama sisi yang berada di tengah tidaklah berubah. Teman-teman bisa mencobanya sendiri. Pada akhirnya, kita bisa menyimpulkan bahwa setiap bentuk segitiga memiliki hati segitiga sama sisi atau bentuk illuminati.

Percobaan selanjutnya, kita bisa menarik setiap sisi yang ada. Dari titik pertemuan antarsisi kita menghasilkan sudut-sudut yang baru yang kita bagi menjadi tiga. Kita tarik memanjang setiap sudut-sudut yang lama dan baru. Kita akan menemukan pertemuan titik dari sudut lama dan baru sejumlah 9 titik. Ketika kita tarik garis, bisa diperoleh tiga illuminati yang baru. Menarik, bukan? Teori ini sudah lama ditemukan sekitar tahun 1899 dan dikenal sebagai teorema Morley.

Ketika kita menarik garis di antara setiap segitiga, kita akan mendapatkan segitiga besar sama sisi yang lain.

Yang lebih menarik lagi dan bisa teman-teman coba sendiri di rumah, kita kembali kepada segitiga sembarang kita. Pada tiga sisi segitiga ini kita tambahkan segitiga sama sisi. Dari 3 inti tengah segitiga sama sisi  yang baru, kita tarik garis penghubung dan kita akan mendapatkan segitiga sama sisi yang baru. Jika kita mengubah sudut dari segitiga tersebut, kita tidak akan kehilangan segitiga sama sisi yang baru itu. Wow! Ternyata dari segitiga kita bisa menemukan banyak hal baru. Nah, jadi teman-teman bisakah kalian membuat sendiri lambang illuminati ini?

Bahan bacaan:

Penulis:
Evelyn Pratami Sinaga, alumnus Jurusan Fisika, Tohoku University, Jepang.
Kontak: evelynpratami(at)gmail(dot)com.