Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Majalah 1000guru Edisi Februari 2015 (+KUIS!)

Unduh: Edisi 47 (Februari 2015), Volume 3 No. 2 dalam penomoran versi ISSN

Alhamdulillah, majalah bulanan 1000guru dapat kembali hadir ke hadapan para pembaca. Pada edisi ke-47 ini tim redaksi memuat 8 artikel dari 8 bidang berbeda. Kami juga kembali memberikan kuis bagi pembaca yang tertarik mendapatkan hadiah dari 1000guru. Pada edisi kali ini juga diumumkan pemenang sayembara “Ayo Menulis!” edisi perdana.

Sekilas materi yang disajikan pada edisi ini:

[Matematika] Bermain Bersama Kurva Bezier
http://majalah1000guru.net/2015/02/kurva-bezier/

[Fisika] Warna Langit
http://majalah1000guru.net/2015/02/warna-langit/

[Kimia] Menyimak Indahnya Material Nanoflower
http://majalah1000guru.net/2015/02/menyimak-indahnya-material-nanoflower/

[Biologi] Flora Normal di Mulut Kita
http://majalah1000guru.net/2015/02/flora-normal-di-mulut-kita/

[Teknologi] Si Mungil The Explorer
http://majalah1000guru.net/2015/02/si-mungil-the-explorer/

[Kesehatan] Skala Nyeri
http://majalah1000guru.net/2015/02/skala-nyeri/

[SosBud] Media Sosial, Medianya Umat Manusia
http://majalah1000guru.net/2015/02/media-sosial/

[Pendidikan] Membentuk Karakter di Sekolah
http://majalah1000guru.net/2015/02/membentuk-karakter-di-sekolah/

Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca untuk terus meningkatkan kualitas majalah ini. Silakan akses juga website 1000guru untuk menyimak kegiatan kami lainnya.

Mudah-mudahan majalah sederhana ini bisa terus bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para siswa dan penggiat pendidikan, sebagai bacaan alternatif di tengah keringnya bacaan-bacaan bermutu yang ringan dan populer. Mohon bantuannya untuk menyebarkan pada rekan-rekan guru dan siswa-siswi sekolah, atau siapapun yang tertarik dengan materi majalah ini. Boleh dicetak, dikopi, simpan di perpus, atau sekadar share, “Hai kawan, ini ada bacaan menarik!”

Bagi siswa-siswi SMA/MA/sederajat yang tertarik berpartisipasi untuk menulis di majalah 1000guru, kami menyediakan hadiah menarik dalam program sayembara artikel “Ayo Menulis!

***

KUIS!

Halo Sobat 1000guru! Kembali lagi dengan kuis dari Majalah 1000guru. Seperti bulan-bulan sebelumnya, kami ingin membagikan hadiah berupa kenang-kenangan menarik untuk Sobat 1000guru yang bisa menjawab kuis kali ini dengan benar. Ingin dapat hadiahnya? Gampang sekali, kok:

  1. Ikuti (follow) akun twitter @1000guru atau https://twitter.com/1000guru, dan like fanpage 1000guru.net pada facebook: https://www.facebook.com/1000guru
  2. Perhatikan soal berikut ini:
    Mari berpura-pura menjadi dokter gigi atau penyuluh kesehatan yang sedang mensosialisasikan kepada masyarakat awam tentang cara menjaga kesehatan gigi. Nah, seorang dokter gigi atau penyuluh kesehatan yang baik seharusnya bisa menyampaikan materinya dengan menarik serta mudah. Maka, buatlah sebuah narasi atau gambar ilustrasi (grafis atau tangan), ataupun gabungan keduanya, yang akan membantumu menjelaskan pada masyarakat.
  3. Kirim jawaban, disertai nama, akun FB, dan akun twitter kalian ke alamat e-mail redaksi:
    majalah1000guru@gmail.com dengan subjek Kuis Edisi 47.
  4. Jangan lupa mention akun twitter @1000guru jika sudah mengirimkan jawaban.

Mudah sekali, kan? Yuk, segera kirimkan jawaban kalian. Kami tunggu hingga tanggal 21 Maret 2015!

Pemenang Kuis Majalah 1000guru Edisi ke-46

Hore! Kita sudah mendapatkan seorang pemenang dengan jawaban terbaik untuk kuis edisi bulan lalu dalam format BookGiveAway#2. Dia adalah:

Atik Sandrawati

Pertanyaan kuis bulan lalu adalah:

Setiap orang mempunyai profesi impiannya masing-masing. Nah, sekarang coba ceritakan tentang profesi impianmu dan alasan di baliknya dengan semenarik mungkin! Kamu boleh juga menyertakan gambar ilustrasi atau foto dari karyamu dalam bentuk apapun.

Tim redaksi menilai tulisan dari Sdri. Atik Sandrawati adalah tulisan yang paling menarik dari para pengirim jawaban lainnya. Selamat untuk pemenang! Kamu berhak mendapatkan kenang-kenangan berupa buku “Bumi” karya Tere Liye dari redaksi 1000guru. Bagi yang belum beruntung, jangan bersedih. Kalian bisa mengikuti kuis-kuis pada kesempatan selanjutnya.

Pemenang Ayo Menulis!

Hore! Selain kuis, kita juga sudah mendapatkan 2 orang pemenang sayembara “Ayo Menulis!” edisi perdana. Mereka adalah:

Selamat untuk kedua pemenang dan nantikan hadiah dari kami. Oya, mulai edisi ini, sayembara “Ayo Menulis!” dibuka untuk setiap edisi!