Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Majalah 1000guru Edisi Oktober 2014 (+KUIS!)

Unduh: Edisi 43 (Oktober 2014), Volume 2 No. 10 dalam penomoran versi ISSN

Alhamdulillah, majalah bulanan 1000guru dapat kembali hadir ke hadapan para pembaca. Pada edisi ke-43 ini tim redaksi memuat 8 artikel dari 8 bidang berbeda. Sebanyak 4 artikel di antaranya membahas karya peraih penghargaan Nobel tahun 2014 ini. Kami juga kembali memberikan kuis bagi pembaca yang tertarik mendapatkan hadiah dari 1000guru.

Dalam edisi khusus nobel ini, urutan rubrik sengaja diubah untuk mempermudah pembaca dalam memahami tema-tema yang berkaitan. Sekilas materi yang disajikan pada edisi ini:

[Fisika] LED Biru: Batu Bata Terakhir Sumber Cahaya Putih Berbasis LED
http://majalah1000guru.net/2014/10/led-biru/

[Kimia] Mengamati Indahnya Fluoresens dengan Mikroskop Beresolusi Tinggi
http://majalah1000guru.net/2014/10/mikroskop-fluoresens/

[Kesehatan] Sistem Navigasi di dalam Otak
http://majalah1000guru.net/2014/10/sistem-navigasi-otak/

[SosBud] Modiano, Memori, dan Identitas Diri
http://majalah1000guru.net/2014/10/modiano-memori-dan-identitas/

[Matematika] Ebola dan Matematika
http://majalah1000guru.net/2014/10/ebola-dan-matematika/

[Teknologi] Teknologi Pembuatan Zat Kimia Berskala Industri
http://majalah1000guru.net/2014/10/teknologi-zat-kimia-industri/

[Biologi] Detik-Detik Masa Puber
http://majalah1000guru.net/2014/10/detik-detik-masa-puber/

[Pendidikan] Pendidikan Sains dalam Diri Kita
http://majalah1000guru.net/2014/10/pendidikan-sains-dalam-diri-kita/

Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca untuk terus meningkatkan kualitas majalah ini. Silakan akses juga website 1000guru untuk menyimak kegiatan kami lainnya.

Mudah-mudahan majalah sederhana ini bisa terus bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para siswa dan penggiat pendidikan, sebagai bacaan alternatif di tengah keringnya bacaan-bacaan bermutu yang ringan dan populer. Mohon bantuannya untuk menyebarkan pada rekan-rekan guru dan siswa-siswi sekolah, atau siapapun yang tertarik dengan materi majalah ini. Boleh dicetak, dikopi, simpan di perpus, atau sekadar share, “Hai kawan, ini ada bacaan menarik!”

***

KUIS!

Halo Sobat 1000guru! Pada Majalah 1000guru Edisi ke-43 ini kami kembali mengadakan kuis dengan hadiah berupa kenang-kenangan dari Jepang untuk para pemenang. Ingin dapat hadiahnya? Gampang sekali, kok:

  1. Ikuti (follow) akun twitter @1000guru atau https://twitter.com/1000guru, dan like fanpage 1000guru.net pada facebook: https://www.facebook.com/1000guru
  2. Perhatikan soal berikut ini: Dalam artikel rubrik biologi “Detik-detik Masa Puber”, telah dijelaskan beberapa hal tentang pubertas. Nah, tugas teman-teman adalah menyebutkan apa saja tanda-tanda pubertas pada laki-laki dan perempuan.
  3. Kirim jawaban, disertai nama, akun FB, dan akun twitter kalian ke alamat e-mail redaksi:
    majalah1000guru@gmail.com dengan subjek Kuis Edisi 43
  4. Jangan lupa mention akun twitter @1000guru jika sudah mengirimkan jawaban.

Mudah sekali, kan? Yuk, segera kirimkan jawaban kalian. Kami tunggu hingga tanggal 21 November 2014!

Pembahasan dan Pengumuman Pemenang Kuis Majalah 1000guru Edisi ke-42

Bagaimana kabarnya kuis edisi 42 yang lalu? Nah, kita sudah mendapatkan pemenang untuk kuis edisi 42. Tapi sebelumnya, simak pembahasan kuis di bawah ini ya.

Pertanyaan kuis edisi 42:

Kungkang (Sloth) adalah salah satu mamalia yang termasuk ke dalam golongan herbivora dengan dedaunan sebagai makanan utamanya. Selain itu, di musim penghujan biasanya ia juga memakan alga hijau-biru yang menyebabkan bulunya berwarna coklat kehijauan. Nah, berikan komentarmu terhadap pernyataan tersebut. Apakah benar demikian? Jangan lupa sertakan rujukannya, boleh dari internet maupun dari buku teks.

Jawaban:

Pernyataan tersebut kurang tepat. Bulu kungkang berwarna coklat kehijauan bukan karena ia memakan alga hijau-biru, melainkan karena bulunya yang menjadi tempat tinggal alga. Hal ini menguntungkan bagi kungkang karena warna kehijauan tersebut memudahkannya bersembunyi di antara pepohonan dari predator. Lebih lanjutnya bisa dibaca di: http://animals.nationalgeographic.com/animals/mammals/three-toed-sloth/

Dalam kuis edisi 42 yang lalu, sebagian besar jawaban yang diterima redaksi adalah jawaban yang benar. Sayangnya, dengan berat hati kami hanya akan mengumumkan dua hadiah untuk dua pemenang yang menurut kami memberikan jawaban terbaik. Mereka adalah:

  1. Siska Wulandika
  2. Madam Taqiyya

Selamat untuk para pemenang! Kalian berhak mendapatkan kenang-kenangan dari redaksi 1000guru. Bagi yang belum beruntung, jangan bersedih. Kalian bisa mengikuti kuis-kuis pada kesempatan selanjutnya.