Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Belajar Biologi Melalui Film

Adik-adik pembaca Majalah 1000guru, pada edisi kali ini kita akan membahas peran media film dalam pembelajaran biologi. Bagaimana media film dapat memberikan manfaat bagi para pembelajar biologi seperti kita semua? Yuk, kita simak.

Pada era globalisasi ini kita mudah sekali menemukan film, baik itu di televisi, bioskop, maupun internet. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Karenanya, film telah menjadi salah satu media yang menarik dan efektif dalam era digital.

Dalam hal ini, biologi sebagai sebuah mata pelajaran mencoba untuk memanfaatkan perkembangan film tersebut ke dalam media pembelajaran. Penulis mengamati bahwa selama ini ada kecenderungan yang sama antara biologi sebagai ilmu dengan film sebagai dokumentator.

Dalam dunia modern, keilmuan biologi telah menjadi bank data atau sebagai dokumentasi alam. Seperti kita ketahui, kekayaan alam atau biodiversitas di negara kita sangatlah melimpah, dan tentunya diperlukan data-data dokumentasi yang jelas, terstruktur dan sistematis, dengan harapan nantinya negara kita bisa memanfaatkan dokumentasi-dokumentasi tersebut untuk kesejahteraan masyarakat.

Contoh film dokumenter bertema sains yang sangat ternama dan berprestasi di dunia film internasional.

Contoh film dokumenter bertema sains yang sangat ternama dan berprestasi di dunia film internasional.

Selama ini penulis mengamati bahwa kegiatan pembelajaran biologi tidak terlepas dari praktikum. Seringkali hasil praktikum yang dilakukan oleh peserta didik menjadi sebuah rutinitas tanpa adanya perubahan dalam perkembangan kegiatan praktikum. Praktikum biologi biasanya akan menghasilkan produk hasil praktikum dan dilaporkan dalam bentuk makalah.

Namun, hal tersebut akan berbeda jika peserta didik diajak untuk membuat film dokumenter praktikum. Selain beban penggunaan kertas yang digunakan untuk membuat makalah akan berkurang, produk hasil praktikum yang terdokumentasi dengan film akan dapat menjadi bahan evaluasi yang terkemas menarik bagi generasi peserta didik selanjutnya untuk mengembangkan keilmuannya.

Penulis mencoba menggabungkan film dokumenter dengan praktikum biologi, yang kemudian kami sebut film dokumenter praktikum biologi. Peserta didik yang melakukan kegiatan praktikum biologi akan membuat film dokumenter sebagai hasil dari kegiatan pembelajaran atau praktikum tersebut, sehingga hasilnya pun semakin berkualitas, menarik dan bermanfaat.

Film Dokumenter Praktikum Biologi

Praktikum biologi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menunjang materi biologi yang disampaikan oleh guru di kelas agar pemahaman peserta didik tentang biologi menjadi lebih baik. Dalam hal ini, praktikum biologi menjadi tahapan penting dalam pembelajaran biologi agar peserta didik mendapatkan pengalaman langsung dalam praktik.

Menurut Nuryani Rustaman, umumnya para pakar berpendapat bahwa praktikum dapat menunjang pemahaman peserta didik terhadap materi biologi. Praktikum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membuktikan teori dan menemukan teori. Dengan kegiatan praktikum maka peserta didik diajak untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Sementara itu, menurut Monica Krisna (2014), film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan cerita dari sebuah kisah nyata. Di Perancis istilah dokumenter dipakai untuk menyebut semua film yang bersifat nonfiksi, termasuk film mengenai perjalanan dan film mengenai pendidikan. Film dokumenter berbeda dengan film fiksi. Perbedaannya yaitu, film dokumenter mengangkat kenyataan dan fakta yang terjadi di masyarakat, dan film fiksi mengangkat tayangan hasil imajinasi seseorang. Film fiksi biasanya digunakan dalam pembuatan sinetron.

Kolaborasi antara praktikum biologi dengan film dokumenter adalah sebuah upaya pengembangan kemampuan dan penanaman karakter pada peserta didik dalam pembelajaran biologi. Hal tersebut akan terlihat dari hasil film dokumenter praktikum biologi yang mereka buat dan proses dengan segala bentuk kerja keras dan tanggung jawab dari peserta didik.

Pemanfaatan film dokumenter sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran biologi merupakan terobosan pembelajaran dalam mengenalkan biologi sembari memanfaatkan teknologi. Selain itu, penggunaan film dokumenter sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi peserta didik dalam pembelajaran. Hal tersebut, dapat diketahui dengan melihat hasil film dokumentasi mereka serta improvisasi dalam melakukan kegiatan praktikum.

Dengan membuat film dokumenter praktikum sebagai media pembelajaran, secara otomatis peserta didik akan mendapatkan pengalaman sebagai pembuat naskah film, kameramen, bahkan sebagai editor film. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dalam melakukan kegiatan pembuatan film bahkan dalam kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Kegiatan pembelajaran membuat film dokumenter praktikum ini juga menguntungkan bagi pendidik, karena pendidik dapat mendokumentasikan hasil karya peserta didik dan nantinya dapat juga digunakan sebagai bahan dalam pembelajaran dan refleksi dokumentasi untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya. Adapun film dokumenter praktikum biologi hasil karya peserta didik SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng bisa di akses melalui www.ma-biology.blogspot.com.

Gambar di atas adalah kutipan film dokumenter praktikum biologi  oleh murid-murid SMA A Wahid Hasyim. Film tersebut memperlihatkan praktikum biologi mengenai proses respirasi atau pernapasan manusia dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti balon, pipa, dan toples plastik makanan. Sumber gambar: www.ma-biology.blogspot.com

Gambar di atas adalah kutipan film dokumenter praktikum biologi oleh murid-murid SMA A Wahid Hasyim. Film tersebut memperlihatkan praktikum biologi mengenai proses respirasi atau pernapasan manusia dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti balon, pipa, dan toples plastik makanan. Sumber gambar: www.ma-biology.blogspot.com

Menarik, bukan? Yuk, kita bersama-sama mencari cara yang unik, kreatif, inovatif, dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekitar kita.

Semoga bermanfaat.

Bahan bacaan:

  • Krisna, Monica. 2014.Film Dokumenter, Pengertian dan Jenisnya. Diunduh 07 Januari 2015http://blogging.co.id/film-dokumenter-pengertian-dan-jenisnya
  • Rustaman, Nuryani. 2005.Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang. IKIP Malang UM Press
  • Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 3.

Penulis:

Achmad Fauzi, Guru Biologi dan Pembina KIR SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng, Jombang.
Kontak: faz8301(at)gmail(dot)com. Website: ma-biology.blogspot.com.

Catatan tambahan tentang penulis:

Achmad Fauzi, M.Si, bekerja sebagai tenaga pendidik di SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng sebagai guru biologi sejak tahun 2013. Penulis sebelumnya pernah menjadi asisten dosen di UIN Maliki Malang dan pernah menjabat sebagai ketua alumni biologi UIN Maliki Malang. Selain itu, penulis pernah aktif di LSM lingkungan seperti ProFauna Indonesia, Jakarta Animal Aid Network, Jakarta. Penulis pernah menulis buku seperti: SMK Kehutanan Berbasis Pondok Pesantren (2013) dan Santri Menulis Santri Juara (2015), serta sebagai editor beberapa buku tentang ekologi, kedokteran dan lingkungan.

Bagi adik-adik pembaca 1000guru jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan belajar biologi lebih lanjut melalui website: ma-biology.blogspot.com. Dalam website tersebut, dapat kita tonton bersama video-video praktikum biologi dari siswa-siswi SMA A Wahid Hasyim Tebuireng. Sangat menarik dan bermanfaat! Bagi teman-teman yang ingin berdiskusi lebih banyak lagi dengan Pak Fauzi bisa kontak beliau di: faz8301(at)gmail(dot)com