Berbagi pengetahuan, dari mana saja, dari siapa saja, untuk semua

Majalah 1000guru Edisi Januari 2016 (+KUIS!)

Unduh: Edisi 58 (Januari 2016), Volume 4 No. 1 dalam penomoran versi ISSN

Alhamdulillah, majalah bulanan 1000guru dapat kembali hadir ke hadapan para pembaca. Pada edisi ke-58 ini tim redaksi memuat 8 artikel dari 8 bidang berbeda. Kami juga kembali memberikan kuis bagi pembaca yang tertarik mendapatkan hadiah dari 1000guru. Pada edisi kali ini juga dibuka sayembara “Ayo Menulis!”.

Sekilas materi yang disajikan pada edisi ini:

[Matematika] Bermain Mathemagic
http://majalah1000guru.net/2016/01/bermain-mathemagic/

[Fisika] Pelanggaran Paritas: Kanan dan Kiri yang Tak Selalu Oke
http://majalah1000guru.net/2016/01/pelanggaran-paritas/

[Kimia] Struktur Linnett: Saudara Kembar Struktur Lewis
http://majalah1000guru.net/2016/01/struktur-linnett/

[Biologi] Gap Junction Penyambung Silaturahmi Sel
http://majalah1000guru.net/2016/01/gap-junction/

[Teknologi] Gerhana Matahari Total 2016
http://majalah1000guru.net/2016/01/gerhana-matahari-total-2016/

[Kesehatan] Beban Ganda Akibat Transisi Kesehatan di Indonesia
http://majalah1000guru.net/2016/01/transisi-kesehatan-di-indonesia/

[SosBud] Pelajaran dari Sebilah Papan Congklak
http://majalah1000guru.net/2016/01/papan-congklak/

[Pendidikan] Student-Centred Learning: Pendidikan Abad ke-21
http://majalah1000guru.net/2016/01/student-centred-learning/

Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca untuk terus meningkatkan kualitas majalah ini. Silakan akses juga website 1000guru untuk menyimak kegiatan kami lainnya.

Mudah-mudahan majalah sederhana ini bisa terus bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para siswa dan penggiat pendidikan, sebagai bacaan alternatif di tengah keringnya bacaan-bacaan bermutu yang ringan dan populer. Mohon bantuannya untuk menyebarkan pada rekan-rekan guru dan siswa-siswi sekolah, atau siapapun yang tertarik dengan materi majalah ini. Boleh dicetak, dikopi, simpan di perpus, atau sekadar share, “Hai kawan, ini ada bacaan menarik!”

Bagi siswa-siswi SMA/MA/sederajat yang tertarik berpartisipasi untuk menulis di majalah 1000guru, kami menyediakan hadiah menarik dalam program sayembara artikel “Ayo Menulis!

***

KUIS!

Halo Sobat 1000guru! Jumpa lagi dengan kuis Majalah 1000guru edisi ke-58. Pada kuis kali ini, kami kembali dengan hadiah berupa buku “berjudul The Sixth Extinction: An Unnatural History” karya Elizabeth Kolbert untuk sobat 1000guru.

Hadiah Kuis Edisi 58

Hadiah Kuis Edisi 58

Ingin dapat hadiahnya? Gampang sekali, kok:

  1. Ikuti (follow) akun twitter @1000guru atau https://twitter.com/1000guru, dan like fanpage 1000guru.net pada facebook: https://www.facebook.com/1000guru
  2. Perhatikan soal berikut ini:
    Seekor lebah yang bertugas mencari sumber makanan akan memberitahukan kepada teman-temannya letak sumber makanan tersebut melalui waggle dance. Tarian ini memberikan informasi tentang tiga hal, dua di antaranya adalah:

    • (1) Arah sudut sumber makanan terhadap matahari. Sarang lebah berdiri vertikal. Ketika si lebah penunjuk bergerak lurus ke atas, tandanya sumber makanan terletak searah dengan matahari (gambar I). Jika lurus ke bawah (gambar II) artinya sumber makanan di arah yang sebaliknya dari matahari.
    • (2) Jarak. Semakin banyak waggle yang dilakukan si lebah penunjuk, semakin jauhlah posisi sumber makanan itu.
    Segitiga menunjukkan sumber makanan, persegi menunjukkan sarang lebah.

    Segitiga menunjukkan sumber makanan, persegi menunjukkan sarang lebah.


    Pertanyaan
    : Jika lebah penunjuk menari dengan sudut 60° ke arah kiri atas dengan jumlah waggle yang banyak, di manakah posisi sumber makanan yang dimaksud lebah penunjuk? (Untuk memudahkan, asumsikan posisi matahari tidak berubah)

  3. Kirim jawaban kuis ini (file artikel), disertai nama, akun FB, dan akun twitter kalian ke alamat e-mail redaksi: majalah1000guru@gmail.com dengan subjek Kuis Edisi 58.
  4. Jangan lupa mention akun twitter @1000guru jika sudah mengirimkan jawaban.

Mudah sekali, kan? Yuk, segera kirimkan jawaban kalian. Kami tunggu hingga tanggal 20 Februari 2016!

Pembahasan Kuis Majalah 1000guru Edisi ke-57

Pertanyaan kuis bulan lalu adalah:

Pada rubrik matematika edisi ke-57 telah dibahas seputar sejarah sistem angka dan bilangan. Di antara sistem angka yang digunakan nenek moyang kita adalah berbasis pada gambar (hieroglif), misalnya yang digunakan orang-orang Mesir dan Babilonia. Nah, jika sudah paham konsep yang dibahas dalam rubrik matematika, cobalah teman-teman baca dua simbol angka bergambar di bawah ini! Bilangan-bilangan apa yang direpresentasikan oleh gambar A dan B? Berikan penjelasannya!

Gambar A

Gambar A

Gambar B

Gambar B

Jawab: Gambar A merupakan soal yang terkait dengan hieroglif Mesir. Sesuai dengan penjelasan pada artikel matematika di Majalah 1000guru Edisi ke-57, kita bisa langsung jumlahkan nilai dari setiap elemen gambar tanpa perlu memusingkan posisinya. Hasilnya adalah bilangan 4.072.614 (empat juta tujuh puluh dua ribu enam ratus empat belas).

Jawaban untuk pertanyaan pada Gambar A.

Jawaban untuk pertanyaan pada Gambar A.

Sementara itu, Gambar B terkait dengan hieroglif Babilonia yang sangat memerhatikan penempatan posisi elemen gambar. Basis yang digunakan pada posisi elemen gambar adalah basis 60, sedangkan setiap elemen gambar tersendiri tersusun atas angka berbasis 10. Hasilnya, Gambar B menunjukkan representasi bilangan 132.011 (seratus tiga puluh dua ribu sebelas).

Jawaban untuk pertanyaan pada Gambar B.

Jawaban untuk pertanyaan pada Gambar B.

Pemenang Kuis Majalah 1000guru Edisi ke-57

Sebetulnya tidak ada yang menjawab kuis bulan lalu secara tepat sesuai yang diharapkan tim redaksi Majalah 1000guru. Namun, ada 1 jawaban yang dianggap paling mendekati kebenaran. Oleh karena itu, tim redaksi memutuskan pemenang Kuis Majalah 1000guru Edisi ke-57 adalah:

Akbar Prasetyo Utomo

Selamat kepada pemenang! Untuk teman-teman yang belum beruntung memenangkan kuis, jangan bersedih. Nantikan kuis-kuis Majalah 1000guru di edisi selanjutnya ya.

Ayo Menulis!

Oya, mulai edisi ke-48 sayembara “Ayo Menulis!” dibuka untuk setiap edisi! Buruan kirimkan tulisanmu!